Minggu, 17 April 2016

6 makanan yang berasal dari Hulu Sungai

6 Makanan yang Berasal Dari Hulu Sungai
Kelompok :
M. Fauzan Tamami                 (310113022287)
Muhammad Azmie Ramadan (310113022279)
Dedy Rusandy Rachman        (310113022299)

1. Dodol Kandangan
Dodol Kandangan adalah makanan khas produksi masyarakat Kandangan, Kalimantan Selatan, secara turun temurun. Bahan utama pembuatan penganan ini adalah Tepung ketan dan gula aren. Dodol kandangan banyak dikemas secara sederhana dengan rasa sangat manis.

2. Wajik
Wajik adalah makanan khas produksi masyarakat Kandangan, Kalimantan Selatan, Bahan utama pembuatan penganan ini adalah Beras ketan dan gula aren. Wajik dan Dodol memiliki resep yang sama dari turun temurun, cuma yang membedakan Wajik dan Dodol adalah dari bahan Utamanya yaitu Dodol dari Tepung Ketann sedangkan Wajik dari Beras Ketan.

3. Apam Barabai
Apam barabai adalah kue basah yang dibuat dari tepung beras, santan, gula merah/putih, dan tape singkong. Makanan ini bentuknya bulat dan tipis, berwarna merah kecoklatan. Teksturnya sangat lembut, sehingga enak dilidah.

4. Wadai Balikuhai
Sekilas kue ini bentuknya mirip dengan Waffle yang dijual di restoran-restoran. Namun, Balikuhai bukanlah waffle, dan ini adalah kue khas Barabai yang dimasak dengan cara dipanggang di cetakan kayu berbentuk kotak-kotak, sehingga jika telah masak bentuknya pun tidak jauh berbeda dengan waffle. Rasanya manis, renyah dan juga nikmat.

5. Bingka Kacung
Bingka Kacung adalah kuliner khas kabupaten Tabalong yang sentra pembuatannya terletak dikecamatan Kelua. Jenis kue yang terbuat dari kentang, biasa juga disebut dengan bingka kentang. Kue ini berbentuk segi enam atau seperti kelopak bunga, dan berbahan dasar Kentang dan Gula Merah.

6. Gangan Paliat
Gangan atau Sayur ini mirip dengan masakan opor, yakni berkuah santan dan berwarna kuning karena adanya campuran bumbu kunyit. Namun, campuran santan dan kunyit pada Gangan Paliat lebih kental dibandingkan masakan opor pada umumnya.

0 komentar:

Posting Komentar