Senin, 23 Mei 2016

Bahaya Mengucek Mata






Nama
Adiazma Yulianto (3101 1302 2310)
M. Diaudin Azimi (3101 1302 2309) 
 
Bahaya mengucek mata dengan tangan harus kita sadari karena dapat menimbulkan penyakit & kelainan pada mata bahkan kebutaan. Mengucek mata merupakan kegiatan yang pasti semua orang pernah melakukannya. Kita mungkin melakukan hal tersebut saat terjadi kelilipan, saat mata teras perih, kering, gatal, saat bangun tidur, saat sedang merasa cemas, stress, dan lain sebagainya.
Lalu apakah kita tahu, bahwa sebenarnya kegiatan mengucek mata dapat menimbulkan efek berbahaya bagi kita? berikut ini penjelasannya.

Memperburuk penglihatan (miopia)

Rabun jauh merupakan suatu kondisi dimana seseorang mengalami gangguan pada saat melihat objek jarak jauh. Miopia terjadi karena mata tidak dapat memfokuskan cahaya yang masuk ke retina bagian mata yang berfungsi untuk melihat. Pada penderita gangguan miopia progresif, menggosok dapat berakibat pada buruknya penglihatan mereka. Hal ini terjadi karena  retina yang sudah melemah berada di bawah tekanan yang berturut-turut.

Menyebabkan gangguan keratoconus

Keratoconus merupakan sebuah kondisi dimana kornea mata menjadi melemah dan terdorong ke depan sehingga dapat berubah bentuk menjadi seperti kerucut atau runcing seperti bola rugby. Keadaan ini tentu saja akan membahayakan penglihatan mata.
Meningkatkan resiko stress dan infeksi mata
Menggosok mata dapat memperburuk keadaan mata yang sudah sakit, menyebabkan mata merah dan gatal. Hal ini tentu saja akan memperbesar keinginan untuk menggosok lagi dan lagi. Bagi penderita alergi, hal ini tentu akan membawa dampak penyebaran alergen yaitu seperti serbuk sari dari bulu mata ke permukaan mata, sehingga besar kemungkinan penyebaran kuman dari tangan anda ke mata yang bisa mengakibatkan resiko styes serta terjadinya infeksi pada mata.

Mata Bintitan

Nah salah satu bahaya mengucek mata dengan tangan adalah terjadinya mata bintitan, penyebab mata bintitan adalah adanya bakteri yang masuk di mata dan menimbulkan alergi. Walaupun banyak cara menghilangkan mata bintitan secara alami, namun lebih baik kita mencegah agar tidak mengganggu aktivitas kita.

0 komentar:

Posting Komentar