Minggu, 15 Mei 2016

NOSTALGIA DENGAN CRUSH GEAR



NOSTALGIA DENGAN CRUSH GEAR

Kelompok 27
Agus Slamet Prihatin (3101 1302 2345)
Yoga Pangestu             (3101 1302 2335)


1.      Sejarah Crush Gear
Crush Gear, adalah judul sebuah serial anime dan manga yang diproduksi oleh Sunrise. Serial crush gear yang pertama adalah Crush Gear Turbo yang ditayangkan dalam 68 episode. Filmnya sendiri pertama kali disiarkan di Jepang oleh jaringan televisi Animax sejak 7 Oktober 2001 sampai tanggal 26 Januari 2003. Film itu kemudian dilanjutkan oleh sekuelnya Crush Gear Nitro yang juga disiarkan oleh Animax di Jepang. TV Anak Spacetoon dan B Channel. Sedangkan di Indonesia, anime ini ditayangkan di RCTI pada tahun 2002-2003.
2.      Mainan Crush Gear
Karena seiringnya pengaruh televisi yang begitu besar kepada masyarakat, begitu sebuah stasiun televisi swasta menayangkan film animasi Crush Gear Turbo setiap hari Minggu pukul 07.00, adrenalin anak-anak yang gandrung mainan seperti ini menggelegak. Mobil-mobilan itu begitu gagah dan begitu dahsyat ketika bertumbukan dengan lawannya. Dan buntutnya, banyak orangtua digelandang anaknya ke toko mainan untuk membeli mobil-mobilan itu. Karena sekarang pun, mobil-mobilan ini sudah cukup laris manis, sekalipun banyak toko mainan belum menyediakannya.
Crush gear adalah mainan yang mengusung konsep batlle 4 WD (wheel drive) atau mobil balap tempur. Salah satu produsen toys yang gencar membanjiri pasar dengan mainan jenis ini adalah Auldey-perusahaan mainan yang berpangkalan di Guangdong, Cina.
Crush gear sebenarnya tidak berbeda jauh dengan tamiya, atau jenis mainan mobil balap lainnya. Pada prinsipnya tetap berupa mobil mainan model masa kini dengan keleluasaan membangun struktur body dan penciptaaan akselerasi serta kecepatan secara mandiri.
Namun, tidak seperti jenis mobil mainan terdahulu yang memfokuskan kepada optimalisasi kecepatan (speed), crush gear lebih condong membangun struktur body yang kuat dan seimbang agar mampu beradu badan dengan mobil musuh, sesuai dengan konsep batlle 4 WD atau mobil aduan yang disandangnya.
Sederhananya, penggemar atau pemain crush gear diminta untuk membangun struktur body mobilnya sedemikian rupa, hingga bisa mengalahkan mobil musuh dalam pertarungan saling tabrak atau saling serang. Pemenangnya adalah mobil pemain yang mampu menggulingkan mobil lawan keluar arena atau merusak mobil lawan.
Untuk itu, jika pada Tamiya yang pemenangnya berdasarkan mobil tercepat ada treatment khusus guna mengoptimalkan speed, seperti membangun struktur mobil dengan tingkat halangan angin minimal, menambah suplai tenaga ke mesin, atau memilih ban dan sasis yang sesuai dengan akselerasi kecepatan agar tidak mudah terguling, maka pada jenis crush gear, treatment tersebut difokuskan kepada bagaimana membangun mobil yang kuat, tidak mudah rusak, dan punya daya serang tinggi.
Hanya saja, sama halnya dengan tamiya, crush gear juga harus dirakit terlebih dahulu. Merakitnya pun tak sulit. dalam setiap kotak atau kardus crush gear yang dibeli, disertakan lembaran panduan perakitannya. Namun, lembaran tersebut hanya memandu cara merakit mobil standar, seperti penyusunan body, memasang sasis, dan roda.
Untuk kesiapan tempur serta keunggulan daya serang, perakitan diserahkan sepenuhnya kepada kreativitas dan kemampuan pemain. Setiap pemain bisa meng up-grade mobilnya sesuai spesifikasi yang diinginkannya.
Misalnya jika ingin mobilnya stabil , tidak mudah terbalik, maka pemain bisa meng up-grade mobilnya dengan menggunakan sasis yang lebih lebar atau ban yang besar. Atau, jika ingin mobilnya punya daya serang yang tinggi, pemain bisa melengkapinya dengan berbagai persenjataan penghancur.
Berbagai komponen tersebut, misalnya saja persenjataan, sayap penyeimbang, wheel set, car cover, dan sasis. Pemain bebas mengabungkan komponen-komponen ini sesuai selera. Namun tetap harus disesuaikan dengan standar spesifikasi mobilnya.
Seperti tamiya, mobil-mobilan crush gear bisa dimainkan dengan menggunakan lintasan (track) balap. Mulai dari lintasan dua jalur hingga enam jalur. Tapi, karena harus diadu, maka crush gear biasanya dimainkan tanpa lintasan.
Setelah mobil selesai dirakit, maka pemain cukup melepaskan mobilnya ke arah musuhnya, agar saling berbenturan dan saling serang. Jika mobil lawan terbalik atau hancur, maka pemain tersebut dianggap kalah. Pemenangnya adalah mobil yang masih bisa berdiri dan utuh. Untuk itu, komponen senjata dan mengupgrade daya serang menjadi hal yang paling penting.
Hanya saja, untuk mencari berbagai komponen yang dibutuhkan agar crush gear beradu dengan gagah dan kuat, masih belum begitu mudah. Toko yang menjual komponen tersebut masih jarang. 


1.      Perkembangan Mainan Crush Gear Saat Ini

Saat ini mainan crush gear sudah jarang ditemui. Bahkan dipasar mainan terkenal pun sudah tidak ada yang menjual. Akan tetapi, generasi 90-an yang masih menyukai crush gear tidak kehabisan akal. Mereka mencari mainan crush gear dari seluruh penjuru Indonesia bahkan sampai keluar negeri terutama jepang. Hasilnya sangat memuaskan. Banyak pecinta crush gear yang mendapatkan kembali mainan masa kecilnya.
Sekarang sudah banyak komunitas crush gear diberbagai daerah di Indonesia. Ada yang berasal dari Jakarta, Tanggerang, Bandung, Lampung, Bali, Palembang, Banjarmasin, Banjarbaru, dan masih banyak lagi daerah yang lain. Mereka semua saling berbagi ilmu tentang mainan crush gear dalam sebuah grup Khusus crush gear di facebook yaitu Gear Fight Indonesia.
 

0 komentar:

Posting Komentar